Senin, 08 November 2010

Fenomena Penerimaan CPNS

Tanggal 6 Nopember kemaren, seluruh BKD di Provinsi Kalimantan Selatan secara serentak mengumumkan Penerimaan CPNSD Tahun 2010. Dengan berbondong-bondong para pencari kerja, dan mereke yang ingin merubah nasib (termasuk saya mungkin) mendatangi kantor BKD setempat untuk mencari tahu tentang formasi / jurusan apa saja yang diperlukan.

Untuk masa sekarang ini, CPNS sepertinya merupakan kata sakral dimana menjadi PNS sebagai toggak ukur keberhasilan seseorang. Memakai baju dinas sepertinya merupakan kebanggan tersendiri (impian saya sebenarnya :p).

Menjadi seorang abdi negara sudah menjadi impian saya sejak dulu, rasanya sebuah pencapaian besar dalam hidup saya jika saya bisa lulus dalam tes CPNS.
Namun saya mendengar banyak sekali penyimpangan yang dilakukan dalam rangka penerimaan CPNS tersebut (mengecewakan para pelamar, dan saya salah satunya..hiks... T_T).
Banyak calo yang menawarkan jaminan kelulusan kepada para pelamar dengan bayaran sekian juta rupiah, penyimpangan laen (yang pernah saya dengar loh.....) formasi yang dikeluarkan berdasarkan kepentingan-kepentingan mereka yang punya jabatan (kata nya loh ya.....bukan kata saya....) sehingga penerimaan CPNS ini sebagai ajang untuk men-PNS-kan keluarga. Mmmmm... benarkah itu ?

Bagaimana jika tidak punya keuarga pejabat ?

Atau tidak punya uang puluhan juta rupiah ?

Haruskah mereka yang sebenarnya punya kemampuan terpaksa gigit jari ?

Oleh karena itu, kami (saya dan seluruh para pelamar) mengharapkan agar penerimaan CPNS tahn 2010 ini lebih selektif dan transparan, pengadaan formasi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah, bukan karena pesanan A atau B.

Sehingga PNS yang terpilih nanti benar-benar mereka yang layak untuk mendapatkan itu, dan bisa membangun daerahnya dengan baik.

Semoga......




Tidak ada komentar:

Posting Komentar